MERRDEKA DALAM PENDIDIKAN
HASILNYA BERKARAKTER DAN BERPRESTASI
Puji dan syukur diucapkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa atas rahmat dan ridonya, SMA Negeri 1 Laguboti dapat melakukan beberapa aktifitas dan perubahan yang signifikan dalam mewujudkan pendidikan yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila dan tujuan pendidikan nasional.
Nilai-nilai Pancasila dan Tujuan pendidikan nasional tersebut telah diamanatkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Wujud konkrit dari upaya mencapai tujuan tersebut dapat diraih dengan salah satu program pemerintah melalui MERRDEKA belajar.
MERRDEKA dalam lingkup pendidikan Indonesia saat ini memiliki alur Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata. Alur ini tentu memberikan arah bagi semua insan pendidikan untuk membangun potensi dirinya, mulai dari guru, siswa, orang tua, dan masyarakat pendidikan serta semua insan yang terkait dengan pendidikan tersebut.
Alur ini menjadi cermin untuk mengarahkan dan membangun pendidikan kita kearah yang lebih baik,sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamantkan Standar Kompetensi Lulusan pada jenjang pendidikan menengah yang mampu menghasilkan siswa/siswi atau peserta didik yang a. siap menjadi anggota masyarakat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak muiia; b. penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; dan c. pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi Peserta Didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti Pendidikan lebih lanjut.
Upaya untuk mencapai hal di atas maka SMA Negeri 1 Laguboti sebagai lembaga persemaian insan pendidikan tentu berupaya mengembangkan karakter pelajar Pancasila yang terwujudan sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: 1. beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, 2. berkebinekaan global, 3. bergotong royong, 4. mandiri, 5. bernalar kritis, dan 6. kreatif. Perwujutan ini dapat dilihat dari elemen dan sub elemen dari nilai-nilai atau profil pelajar Pancasila tersebut dalam aplikasinya dilapangan.
Terbentuknya karakter ini tentu berkontribusi terhadap pengetahuan yang mampu meningkatkan kompetensi afektif, kognitif, dan psikomotorik dari peserta didik, dan semua pihak yang terlibat dalam ekosistem pendidikan di SMA Negeri 1 Laguboti. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan tersebut tentu dilakukan melalui peningkatan perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi program. Program tersebut menyasar 8 standar pendidikan kita. Untuk mengwujudkan hal tersebut perlu ada kesadaran yang dimulai dari diri sendiri dan terakhir ayo lakukan aksi dalam kegiatan pendidikan selaras dengan mengubah pikiran dan selalu berpikir positif untuk mengwujudkan prstasi mulai dari prestasi kecil seperti paham menghormati dan memberi salam dan membuang sampah, serta beranjak pada prestasi besar seperti juara kabupaten pada O2SN, FLS2N, Juara OPSI/KIR, masuk di perguruan tinggi negeri dan lain-lain. Melalui nilai-nilai Pancasila kita tunjukkan jati diri bangsa kita melalui sekolah sebagai lembaga pendidikan.
Sekolah sebagai lembaga pendidikan diharapkan akan menjadi sumber informasi secara terbuka bagi masyarakat, dan lembaga pendidikan lainnya. Informasi yang dikembangkan tentu berbasis teknologi dan informasi melalui pengembangan IT. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membuka dan membangun website sekolah untuk menyebarkan informasi dari sekolah kepada masyarakat. Pembuatan website sekolah ini merupakan bantuan pemerintah melalui dan Bantuan Operasional Sekolah dari Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah.
Melalui bantuan ini akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan moril dan material bagi SMA Negeri 1 Laguboti. Terutama apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat SMA, dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Togar Duharman Panjaitan, S.Pd., M.Si. Kepala SMA Negeri 1 Laguboti)