PROFIL SMA NEGERI 1 LAGUBOTI
- Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Laguboti
- Tahun Berdiri : 1967
- NSS : 301070818006
- NPSN : 10208460
- Luas Lahan : 3.164 m2
- Luas Bangunan : m2
- Akreditasi : A (Nomor : 694/BAP-SM/PROVSU/LL/XI/2017 Tanggal 18 Nopember 2017 dari BAN)
- Alamat Lengkap Sekolah
- Jalan : Sekolah No. 3
- Desa/Kelurahan : Pasar Laguboti
- Kecamatan : Laguboti
- Kabupaten : Toba
- Kode Pos : 22381
- Telepon Sekolah : 0632 – 331512
- E-mail : smanegeri1laguboti@yahoo.co.id
- SK Pendirian Sekolah : 190/B/III/1967
- Instansi yang mengeluarkan : Kanwil Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara
12. Kepala Sekolah
a. Nama Lengkap : Togar Duharman Panjaitan, S.Pd., M.Si.
b. Pendidikan Terakhir : S2
c. Jurusan : Biologi
d. Tanggal SK Pengangkatan : 26 Oktober 2010
e. Pelatihan yang pernah diikuti : Seleksi calon kepala sekolah 31 Juli s/d 1 Agustus 2006 dengan predikat lulus dan Baik
Sejarah SMA Negeri 1 Laguboti
Awal berdirinya SMA Negeri 1 Laguboti pada tahun 1967 adalah momen lahirnya ide mewujudkan kepedulian terhadap pendidikan secara umum dan pendidikan generasi muda di Laguboti. Putera/i terbaik bangsa yang berasal dari Laguboti sepakat membangun pendidikan di Bona Pasogit (tempat asal) dengan cara merekrut siswa terbaik dalam akademis dari setiap SLTP yang berada dalam jajaran wilayah Toba Samosir.
- Periode 1967 s.d 1983 : Drs. T.A. Silaen
- Periode 1983 s.d 1993 : Baginda Pipin Silaen
- Periode 1993 s.d 1995 : Drs. Chaspar Sinaga
- Periode 1995 s.d 1997 : Drs. Saut Halomoan Hutagaol
- Periode 1998 s.d 1999 : Nurmala Hutauruk
- Periode 2000 s/d 2002 : Drs. Dumpang Sarumpaet
- Periode 2002 s.d 2004 : Drs. Mochtar Sihotang
- Periode 2004 s.d 2006 : Drs Hasonangan
- Periode 2006 s.d 2008 : Jasa Pembangunan Sitorus, S.Pd
- Periode 2008 s.d 2010 : Drs. Mochtar Sihotang
- Periode 2011 s.d Pebruari 2014 : Drs. Lambok Simanjuntak
- Periode Maret 2014 : Beduan Siahaan, S.Pd
- Periode Nopember 2014 s.d 2022 : Jelarwin Dabutar, S.Pd, M.Pd
- Periode 2022 s.d sekarang : Togar D. Panjaitan, S.Pd., MSi.
Sejak TP. 1967 sampai dengan sekarang SMA Negeri 1 Laguboti menerima siswa baru melalui jalur seleksi sekolah.
VISI, MISI, DAN TUJUAN SMA NEGERI 1 Laguboti
- Visi Sekolah
MEWUJUDKAN LULUSAN DAN WARGA SEKOLAH, YANG, BERPROFIL PEMBELAJAR PANCASILA, BERPRESTASI, BERWAWASAN LINGKUNGAN, BERMARTABAT DALAM KASIH, KEPERDULI, DAN KEIKLASAN
- Misi Sekolah
- Menumbuhkan penghayatan siswa terhadap ajaran agama yang dianutnya.
- Meningkatkan aktivitas beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak muiia
- Menjadikan disiplin sebagai budaya pola tingkah laku di sekolah dan masyarakat.
- Menumbuhkan pendidikan karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
- Mendorong pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan PAIKEM dengan keterampilan berbasis IPTEKS
- Menumbuhkan budaya berprestasi di lingkungan warga sekolah
- Mendorong pendidikan keluarga di sekolah
- Meningkatkan kegiatan kepedulian sosial dilingkungan sekolah dan masyarakat
- Menjadikan sekolah pusat kegiatan, pelestarian, dan pengembangan budaya daerah dan nasional
- Mengembangkan kegiatan pengembangan diri, ekstrakurikuler untuk meningkatkan kecakapan hidup
- Meningkatan penataan sarana prasana sekolah dengan ciri-ciri : sehat, nyaman, indah, dan hijau
- Mendorong pembelajaran yang sadar dan berwawasan lingkungan
- Mendorong kewirausahaan di sekolah berbasis lingkungan
- Membudayakan sekolah melayani, mandiri, tertib, Bersatu dan bersih
- Mengokohkan solidaritas, loyalitas, kerjasama, esprit de corps (jiwa korsa), semangat kekeluargaan di sekolah dan masyarakat sekolah
- Tujuan Sekolah
- Melaksanakan dan mengikuti kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan ajaran agama yang dianut oleh warga sekolah
- Melaksanakan aktivitas yang bernuansa religi di sekolah
- Memulai dan mengahiri aktivitas dengan doa
- Melaksanakan KBM berkualitas yang berorientasi pendekatan saintifik dan PAIKEM
- Melaksanakan disiplin sebagai budaya hidup.
- Melaksanakan kegiatan dan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kompetensi spritual, sikap sosial, kognitif, dan psikomotorik,.
- Meningkatkan SDM pendidik dan tenaga kependidikan melalui pelatihan berimbas
- Melaksanakan kegiatan pengembangan diri atau ekstrakurikuler untuk kecakapan hidup
- Melaksanakan program upacara, conversation, literasi, perwajahan siswa, senam, dan kebersihan di sekolah
- Melaksanakan pembinaan karakter yang sesuai nilai dan profil pembelajar Pancasila bagi warga sekolah
- Meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme
- Melaksanakan kegiatan sosial di lingkungan sekolah dan masyarakat
- Melaksanakan kegiatan pelestarian, dan pengembangan budaya daerah/nasional.
- Melaksanakan kegiatan formal dalam PBM dan nonformal melalui pengembangan diri (keterampilan) yang bernuansa IPTEK dan keunggulan lokal.
- Menerapkan 4C (1) Communication (2) Collaboration (3) Critical Thinking and Problem Solving dan (4) Creative and Innovative , dan literasi dalam pembelajaran
- Melaksanakan pendidikan keluarga di sekolah
- Meningkatkan pembinaan dan prestasi akademik
- Meningkatkan pembinaan dan prestasi bidang olah raga
- Meningkatkan pembinaan dan prestasi bidang kesenian dan kebudayaan
- Melaksanakan kegiatan bagi warga sekolah untuk sadar lingkungan
- Melaksanakan penataan lingkungan disekolah
- Melaksanakan penataan sarana prasarana berbasis lingkungan
- Melaksanakan kewirausahaan berbasis lingkungan
- Melaksanakan sekolah melayani, mandiri, tertib, Bersatu dan bersih
- Melaksanakan solidaritas, loyalitas, kerjasama, esprit de corps (jiwa korsa), semangat kekeluargaan di sekolah dan masyarakat sekolah
Profil Pembelajar Pancasila :
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berahlak mulia
- Mandiri
- Bernalar Kritis
- Kebinekaan Global
- Bergotong royong
- Kreatif
Berwawasan Lingkungan :
- Lingkungan sekolah bersih dan sehat
- Memiliki Landscape (pemanfaatan RTH)
- Memanfaatkan sumber daya dan energy secara efisien (Listrik, Air, ATK, BBM)
- Mengelola Sampah (4R=Reduce, Reuse, Recycle, Replace)
- Mengelola sanitasi Lingkungan dan memiliki cadangan air tanah
- Memiliki kantin ramah lingkungan
- Melakukan pelestarian fungsi Lingkungan Hidup
Tujuan jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang SMA Negeri 1 Laguboti dituangkan dalam tiga tahapan sebagai berikut :
- Tujuan Jangka Pendek
- Meningkatkan status sekolah menjadi Sekolah Standar Nasional
- Meningkatkan sejumlah 20 % siswa untuk bersaing dalam memasuki perguruan tinggi negeri.
- Meningkatkan kemampu bersaing dalam olimpiade mata pelajaran tingkat kabupaten dan provinsi serta nasional
- Meningkatkan prestasi bidang olahraga dan seni hingga tingkat nasional dan internasional
- Meningkatkan 20 % pembelajaran berbasis TIK
- Meningkatkan 90 % administrasi melalui komputerisasi
- Menciptakan lingkungan sekolah yang indah, bersih dan sehat
- Memenangkan ajang lomba sekolah sehat dan sekolah berwawasan lingkungan tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.
- Membangun iklim persaudaraan yang erat antar warga sekolah
- Meningkatkan kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan siswa
- Meningkatkan jiwa kewirausahaan dan kemandirian siswa
- Pengadaan vasilitas ruang IT pembelajaran sekolah.
- Tujuan Jangka Menengah
- Pada tahun 2023, rata-rata nilai UN/US mencapai 7,5
- Pada tahun 2023, jumlah lulusan yang malanjutkan ke PTN minimal 50 %
- Pada tahun 2023, memiliki tim olahraga minimal 2 cabang dan mampu bersaing di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional
- Pada tahun 2023, memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten, provinsi dan nasional
- Pada tahun 2023 mampu mengembangkan potensi sumber daya alam daerah.
- Pada tahun 2023 mampu menjadi tenaga semi professional berbasis IT di tingkat kabupaten
- Tujuan Jangka Panjang
- Meningkatkan status sekolah menjadi Sekolah Standar Nasional Berbasis Keunggulan Lokal
- Meningkatkan pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK 85 %
- Melengkapi sarana prasarana dan sumber belajar sesuai standar sarana prasarana
- Meningkatkan kemampuan siswa bidang akademik dan non akademik untuk bersaing di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional
- Sasaran
Sasaran pada tahun 2022/2023
- Memiliki kebiasaan penerapan nilai-nilai disiplin dan agama
- Rata-rata nilai UN/US minimal mencapai 7,5
- Memiliki kemampuan bersaing pada lomba-lomba tingkat kabupaten, dan provinsi
- Jumlah lulusan yang melanjut ke PTN minimal 50 %
- Kemampuan menggunakan IT bagi warga sekolah minimal 50%
- Memiliki tim olahraga dan memiliki tim kesenian yang secara teratur mengadakan latihan dan pentas di sekolah
- Memiliki keterampilan berbasis keunggulan/keuletan lokal untuk menopang pemberdayaan ekonomi lokal.
- Menjadi Sekolah yang berbudaya lingkungan dan sekolah adiwiyata
IDENTIFIKASI YANG DIHADAPI SEKOLAH
- SMA Negeri 1 Laguboti memerlukan rehabilitasi dan perbaikan pada sarana ruang kelas.
- SMA Negeri 1 Laguboti memerlukan pengadaan ruang kelas baru, laboratorium fisika, laboratorium biologi, laboratorium bahasa, dan ruang pendukung lainnya
- Minimnya sarana dan prasarana sekolah (meja dan kursi), media pembelajaran, fasilitas dan sarana pendukung lainnya.
- Kemampuan ekonomi orangtua siswa dengan persentase terbesar berprofesi sebagai petani, sehingga dukungan dana untuk pengadaan sarana prasarana sangat kecil kemungkinannya..
SASARAN/TUJUAN SITUASIONAL SEKOLAH
- Pengadaan ruang kelas baru, laboratorium fisika, laboratorium multimedia dan PSB, laboratorium bahasa, laboratorium IPS, dan ruang pendukung lainnya
- Mengadakan rehap gedung sekolah secara bertahap.
- Melakukan pembenahan sarana dan prasarana, media pembelajaran, ruang riset guru, fasilitas dan sarana pendukung secara bertahap dengan skala prioritas yang berorientasi pada tuntutan kebutuhan primer.
- Mengembangkan MBS dengan mengajukan program subsidi silang.
- Mengadakan pelatihan terhadap guru (Model, Metode, Strategi Pembelajaran, Tehnik, Taktik Pembelajaran dan Pembelajaran Berbasis IT) untuk meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas dan fungsinya.
Identifikasi Fungsi – fungsi Sasaran
No
|
Fungsi
|
Fungsi Internal
|
Fungsi Eksternal
|
1
|
Fungs Proses Belajar Mengajar
|
- Siswa
- Motivasi diri
- Motivasi belajar
- Kepribadiaan siswa
- Komunikasi
- Waktu belajar
|
- Kesiapan siswa
- Partisipasi orangtua
- Lingkungan sekolah
- Fisik sekolah
- Lingkungan tempat tinggal
|
2
|
Fungsi Pendukung PBM Ketenangan
|
- Jumlah guru
- Kualitas guru
- Relevansi latar belakang pendidikan guru dan mata pelajaran yang diajarkan
- Jumlah bahan mengajar guru
|
- Masa kerja guru
- Partisipasi orangtua
- Fasilitas pengembangan
- Fisik sekolah
|
3
|
Fungsi pendidikan PBM, Sarana dan Prasarana
|
- Buku paket
- Buku referensi
- Perpustakaan
- Visual audio
|
- Partisipasi orangtua
- Partisipasi pemerintah
- Partisipasi masyarakat, alumni dan swasta
- Kerjasama dengan pengembangan dari lingkungan sekolah
- Relevansi buku penunjang dengan kebutuhan daerah fisik sekolah
|